• November 17, 2022

Jepang Sampaikan Siap Hadapi Krisis Kesehatan di KTT G20 Bali

Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio dalam KTT G20 yang tengah berlangsung menyampaikan bahwa negaranya ingin memimpin upaya internasional untuk bersiap menghadapi krisis kesehatan di masa mendatang.

Kesehatan global menjadi agenda pada hari Selasa 15 November 2022. Hari pertama pertemuan para pemimpin yang di adakan di Bali itu. Kishida menjelaskan dukungan Jepang sejauh ini bagi negara – negara berkembang dan lainnya dalam menghadapi virus korona.

Ia menekankan bahwa masyarakat internasional perlu melanjutkan langkah – langkah penanganan virus korona karena pandemi masih berlanjut. Perdana Menteri Jepang itu juga menyebutkan pentingnya untuk bersiap menghadapi krisis kesehatan di masa mendatang berdasarkan pengalaman dari Covid – 19.

Kishida mengungkapkan perlunya sebuah sistem untuk memastikan semua orang di dunia bisa memperoleh akses layanan medis dan kesehatan yang dibutuhkan. Ia mengatakan Jepang menargetkan untuk memimpin upaya-upaya tersebut melalui kerja sama erat dengan negara-negara anggota G20.

 

Jepang Sampaikan Siap Hadapi Krisis Kesehatan di KTT G20 Bali

Presiden RI Joko Widodo telah membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Selasa 15 November. Tema Presidensi G20 ‘Recover Together, Recover Stronger’ bertujuan untuk membangun kembali arsitektur kesehatan global yang lebih kuat dan dapat bertahan menghadapi krisis kesehatan di masa depan serta mempersiapkan generasi mendatang yang lebih baik.

Pada sesi kedua KTT G20 Kesehatan Presiden RI Joko Widodo menyampaikan dunia harus lebih siap, karena kesiapsiagaan akan menyelamatkan nyawa dan perekonomian kita. “Solidaritas dan keadilan harus jadi ruh arsitektur kesehatan global, negara berkembang harus di berdayakan sebagai bagian dari solusi.” Jelas Presiden Jokowi.

Pertemuan G20 merupakan sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara – negara dengan perekonomian besar di dunia. Terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa. Dari sektor kesehatan, pertemuan ini bisa menjadi perantara untuk membuat vaksin global.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022 ini sangat strategis mengingat forum ini akan memberikan suatu percontohan yang nyata dan komprehensif untuk recovery global.

“Dari sektor kesehatan fokus utama adalah terkait dengan memperkuat arsitektur kesehatan global dengan 3 isu prioritas yang terdiri dari pembangunan sistem ketahanan kesehatan global, harmonisasi standar protokol kesehatan global, dan pengembangan pusat studi serta manufaktur untuk pencegahan, persiapan, dan respons terhadap krisis kesehatan yang akan datang.” Ujar Menkes Budi.